Paropo: Ranu Kumbolo-nya Sumatera Utara yang Sungguh Menggoda Mata

0.0

Paropo: Ranu Kumbolo-nya Sumatera Utara yang Sungguh Menggoda Mata

Saat sedang stres, tak jarang orang-orang menjadi tidak fokus dalam mengerjakan apapun. Karenanya, pekerjaan pun jadi berantakan, deadline mangkrak. Jika sudah demikian, ada baiknya Anda luangkan waktu untuk liburan; untuk relaksasi agar pikiran kembali segar.

Ada banyak tempat indah di Indonesia yang bisa Anda jadikan destinasi liburan, salah satunya yaitu Dairi. Dairi sendiri adalah kabupaten yang berada di provinsi Sumatera Utara. Dairi menyimpan banyak keindahan wisata yang mampu membuat Anda jatuh cinta, Danau Toba salah satunya.

Danau Toba ini danau terluas di Asia Tenggara yang luasnya melewati 7 kabupaten di Sumatera Utara, satu diantaranya yaitu Kabupaten Dairi. Karena pesonanya ini, Danau Toba pun masuk dalam daftar 5 Wisata Super Prioritas. 

Namun, tahukah Anda? Di tepian Danau Toba, ada sebuah wilayah yang juga menyajikan keindahan yang begitu memesona, Paropo namanya. Bahkan, Paropo ini disebut sebagai Ranu Kumbolo-nya Sumatera Utara.

Lokasi dan Tiket Masuk Paropo

Paropo merupakan desa kecil di tepian Danau Toba yang berada di Kecamatan Silahisabungan, Kab. Dairi, Sumatera Utara. Waktu yang Anda butuhkan untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 1 jam 3 menit atau 37 kilometer dari kawasan Kota Sidikalang.

Bagi yang ingin berkunjung ke Paropo dikenai biaya tiket retribusi Rp10.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp15.000 untuk kendaraan roda empat. Jam kunjung 24 jam

Hal-hal Menarik yang Bisa Anda Lakukan di Paropo

Pesona Paropo benar-benar memanjakan mata. Paropo menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan hamparan Danau Toba dari ketinggian. Banyak orang yang mengatakan kalau pesona Paropo mirip Ranu Kumbolo di Semeru.

Hal tersebut tidak lain karena Paropo menyajikan landscape yang tak kalah eksotis dari Ranu Kumbolo. Mulai dari hamparan bebukitan hijau sampai kondisi perairan Danau Toba yang sangat  bersih. Tak heran kalau Paropo disebut sebagai Ranu Kumbolo-nya Tanah Sumatera Utara.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Paropo, ada banyak hal-hal menarik yang bisa jumpai dan kamu lakukan di Paropo. Apa saja? Simak berikut ini.

Camping

Sekarang ini kegiatan berkemah atau camping sedang digemari banyak orang, khususnya para milenial. Spot camping ini  kini bukan hanya bisa dijumpai di Gunung saja, tapi juga di sekitar pantai maupun sekitaran danau. Nah, buat Anda yang sedang mencari spot camping di Dairi, Paropo adalah pilihan yang tepat.

Ya, Paropo menjadi salah satu tempat terbaik untuk camping di Dairi. Menariknya lagi, spot camping ini berada di tepian Danau Toba yang dikelilingi deretan bebukitan hijau yang begitu asri nan menyegarkan. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang sejenak ingin menenangkan diri dari keriuhan kota.

Menikmati Pesona Matahari Terbenam

Hal-hal menarik lainnya yang juga bisa Anda lakukan di Paropo yaitu menikmati keindahan matahari terbenam yang memercikan cahaya jingga keemasan ke hamparan Danau. Di sini, Anda akan dimanjakan oleh pesona matahari sore yang perlahan tenggelam di balik bebukitan. Pastikan Anda mengabadikan momen epik ini dengan lensa kamera.

Menikmati Keindahan Alam Sembari Memancing

Kegiatan asyik lainnya yang juga bisa Anda lakukan saat berada di Paropo yaitu menikmati keindahan alam sembari memancing. Ya, di Paropo terdapat sebuah bukit yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk memancing ikan.

Namun, jika ingin memancing disini, pastikan Anda membawa perlengkapan mancing sendiri ya. Sebab, pengelola setempat belum menyediakan fasilitas sewa perlengkapan memancing.

Bersantai

Setelah puas memancing, Anda bisa bersantai bersama partner camping Anda, bisa dengan makan-makan, bermain gitar, duduk di ayunan, foto-foto, atau cukup dengan duduk manis sembari menikmati hamparan danau yang menenangkan.

Menyaksikan Event Tahunan

Paropo juga sering menyelenggarakan event tahunan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memikat wisatawan untuk datang ke Paropo. Adapun event-event yang pernah diselenggarakan disini yaitu Event ‘Rumah Karya Indonesia’ tahun 2017 lalu dengan tema ‘1000 Tenda’.

Selain itu, ada juga event-event lainnya yang pernah diselenggarakan disini seperti games, Mini Talk Show, mengenal kopi lokal, pertunjukan band, pementasan seni, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, bagi Anda yang sedang berada di Dairi, pastikan memasukan Paropo ke dalam daftar destinasi wisata Anda. Ingat, jangan lupa untuk jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar. Dan karena ini sedang pandemi, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Ulasan

Belum ada ulasan.

Produk Terkait

img
SOUVENIR
0

PATMA BAG WITH GENUIE LEATHER

Tenun Ulos Eco Friendly Silahi Sabungan Dairi untuk Anda pecinta fesyen.Dari setiap pembelian produk PERBUNGA RINTUA akan kami sumbangkan kepada Petenun Ulos di Silahi Sabungan Dairi, Sumut sebesar 2.5% laba.Dengan membeli produk Perbunga Rintua Anda ikut mengambil bagian dalam pelestarian alam dan budaya.•    Eco Fashion•    From Women to empower women•    Bangga Buatan IndonesiaWarna di tampilan layar Anda bisa berbeda dengan warna asli produk asli disebabkan oleh setting layar yang berbeda-beda. Selain itu karena produk kami terbuat dari tenun pewarna alam maka warna yang dihasilkan bisa sedikit berbeda untuk setiap produk termasuk produk contoh.Berikut ini adalah petunjuk pemeliharaan nya:1. Untuk Menyerap kelembaban udara, ganti silica gel setiap 3 bulan sekali (dapat dibeli di toko2 atau online)2. Bila tidak sedang dipakai, isi tas dengan kertas pengisi untuk menjaga bentuknya dan simpan tas di tempat yang sejuk, kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik3. Hindari tas anda dari HUJAN karena air dapat merubah warna tas menjadi lebih gelap dan bisa merubah tampilan bentuk tas anda4. Hindari tas dari paparan MATAHARI secara terus menerus karena dapat membuat warna alam menjadi cepat pudar5. Bila bagian KAIN terkena NODA, bersihkan secepatnya dengan lap lembut yang diberi air sedikit dan digosok dengan lembut6. Untuk merawat bagian KULIT, dapat menggunakan bahan khusus perawatan tas kulit seperti Mink Oil/Handbag Cream setiap bulan. Jangan dibersihkan menggunakan hand cream atau body lotion atau baby wipes karena bisa merubah warna kulit dan juga membuat debu jadi mudah melekatSelamat tampil gaya dengan Perbunga Rintua Handbag.

Cara Pesan